1.
. Pengertian
Perubahan dan Fungsi Budaya Organisasi
4. Implikasi Manajerial
Sebab yang terjadi karena adanya perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya dan organisasi tersebut juga tidak akan diam di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin hari agar kedepannya jauh lebih baik.
sumber :http://dessymarantika7.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html .
- · Pengertian perubahan organisasi: suatu variasi dari cara-cara yang telah mapan, yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan dipergunakan serta ditaati oleh anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya dan berbeda dari apa yang selama ini ada dan telah berlaku dalam organisasi.
- · Pengertian pengembanganorganisasi: proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah, sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi.
Perubahan organisasi
merupakan perubahan yang berkaitan dengan pengembangan, perbaikan, maupun
penyesuaian yang meliputi struktur, teknologi, metode kerja maupun sistem
manajemen suatu organisasi. suatu organisasi tidak harus melaksanakan suatu
perubahan. Hal ini merupakan suatu strategi untuk memenuhi beberapa keseluruhan
tujuan dari suatu organisasi. Seperti langkah berikut ini:
a.
Mengadakan
Pengajian: tidak dapat dipungkiri bahwa setiap organisasi apapun tidak dapat
menghindarkan diri dari pengaruh dari berbagai perubahan yang terjadi di luar
organisasi. Perubahan yang terjadi di luar organisasi itu mencakup berbagai
bidang. Antara lain politik, ekonomi, teknologi, hukum, sosial budaya, dsbgmya.
Perubahan tersebut mempunyai dampak terhadap organisasi, baik dampak yang
bersifat negatif maupun positif.
b.
Mengadakan
Identifikasi: yang perlu diidentifikasi adalah dampak perubahan perubahan yang
terjadi dalam organisasi. Setiap faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan
organisasi harus diteliti secara cermat sehingga jelas permasalahannya dan
dapat dipecahkan dengan tepat.
c.
Menetapkan
Perubahan: sebelum langkah-langkah perubahan diambil, pimpinan organisasi harus
yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan, baik dalam rangka
meningkatkan kemampuan organisasi maupun dalam rangka mempertahankan eksistensi
serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi selanjutnya.
d.
Menentukan
Strategi: apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar-benar harus
dilakukan maka pemimpin organisasi harus segera menyusun strategi untuk
mewujudkannya.
e.
Melakukan
Evaluasi: untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif
atau negatif, perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai dengan
harapan berarti berpengaruh postif terhadap organisasi, dan apabila sebaliknya
berarti negatif.
33.
Perencanaan Strategi Pengembangan Organisasi
Tahap 1 :
Menetapkan Tujuan atau Serangkaian Tujuan
Perencanaan dimulai
dengankeputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau
kelompok kerja. Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan
sumber daya sumberdayanya secara tidak efektif.
Tahap 2 :
Merumuskan Keadaan Saat Ini
Pemahaman akan posisi
perusahaan sekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber daya-sumber
daya yang tersedia untuk pencapaian tujuan adalah sangat penting, karena tujuan
dan rencana menyangkut waktu yang akan datang. Hanya setelah keadaan perusahaan
saat ini dianalisa, rencana dapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana
kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua ini memerlukan informasi, terutama keuangan
dan data statistik yang didapat melalui komunikasi dalam organisasi.
Tahap 3 :
Mengidentifikasi Segala Kemudahan dan Hambatan
Segala kekuatan dan kelemahan
serta kemudahan dan hambatan perlu di identifikasikan untuk mengukur kemampuan
organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor
lingkungan intern dan ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya
atau yang mungkin menimbulkan masalah. Meski sulit dilakukan, antisipasi
keadaan, masalah, dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu
mendatang adalah bagian esensi dari proses perencanaan.
Tahap 4 :
Mengembangkan Rencana atau Serangkaian Kegiatan Untuk Pencapaian Tujuan
Tahap terakhir dalam
proses perncanaan meliputi pengembangaan berbagai alternatif kegiatan untuk
pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut dan pemilihan
alternatif terbaik (paling memuaskan) diantara berbagai alternatif yang ada.
4. Implikasi Manajerial
Sebab yang terjadi karena adanya perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya dan organisasi tersebut juga tidak akan diam di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin hari agar kedepannya jauh lebih baik.
sumber :http://dessymarantika7.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar