- Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
1. Jenis Komunikasi
Untuk mengetahui komunikasi antara pimpinan perusahaan dengan karyawan komunikasi dibedakan menjadi tiga menurut jenisnya: (Soejono Trimo, Analisis Kepemimpinan Angkasa Bandung. 1986)
a. Downward Communication
- Koordinasi melalui rencana yang telah dibuat (by plan) yang dapat dikatakan koordinasi itu mencapai bentuk komunikasi yang akhirnya berjalan kebawah. Komunikasi ini bersifat satu arah dari pemimpin kepada bawahanya. Informasi yang disampaikan meliputi antara lain, kebijaksanaan pemimpin, peraturan, ketentuan yang harus diikuti oleh pekerja. jadwal kegiatan atau program dan alokasi sumber-sumber.
- Makin jelas atau pasti suatu kegiatan atau pekerjaan makin kurang bimbingan atau pemrosesaninformasi yang diperlukan, sehingga pemimpin cukup mengkoordinasikan pekerjaan bawahan melalui rencanakerja yang telah disiapkan.
b. Upward Communication
- Koordinasi melalui umpan balik (feed back), berarti komunikasi teratur keatas, dari bawahan kepimpinan terutama dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis, pemimpin atau manajer sangat memerlukan input informasi yang berupa laporan, saran dari bawahan untuk dapat mengkoordinasikan seluruh kegiatan itu.
c. Komunikasi Horizontal atau Diagonal
- Koordinasi melalui interaksi lateral sebenarnya merupakan satu alur komunikasi atau informasi yang sifatnya horizontal atau diagonal antar departemen/unit-unit dalam organisasi.
- Informasi dipakai pemimpin bilamana karakteristik tugas atau pekerjaan itu mengandung derajat ketidak pastian yang tinggi.
- Dalam kondisi tugas atau pekerjaan semacam ini pemimpin atau bawahan amat membutuhkan pemrosesan informasi yang tinggi berkaitan enggan tugas atau pekerjaan yang dilaksanakan, masukan-masukan tidak hanya dari kelompok atau unit kerjanya sendiri, akan tetapi memerlukan pula informasi dari unit-unit kerja lain dalam organisasi itu.
- Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi termasuk juga suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
- Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.
Contoh Kasus peran komunikasi dalam
perusahaan:
Kru British Airways Mogok 3 Hari,
1.100 Penerbangan Akan Dibatalkan
London – Maskapai penerbangan
Inggris, British Airways (BA) dilanda aksi mogok kerja para krunya. Ribuan kru
kabin BA hari ini memulai aksi mogok yang akan berlangsung tiga hari.
Mogok tersebut dilakukan untuk
memprotes rencana pengurangan ongkos operasional BA yang akan berdampak pada
gaji pekerja.
Sebelumnya BA berencana menghemat
belanja sebanyak 62,5 juta poundsterling untuk mengatasi dampak negatif yang
muncul karena menurunnya penumpang, fluktuasi harga bahan bakar dan persaingan
dengan maskapai lainnya.
Lebih dari 1.000 penerbangan BA
bakal mengalami pembatalan selama tiga hari pemogokan tersebut. Mogok kerja ini
dilakukan setelah negosiasi antara pimpinan serikat dagang terbesar Inggris,
Unite, Tony Woodley dengan kepala eksekutif BA Willie Walsh menemui jalan
buntu.
“Dengan kekecewaan besar saya harus
katakan bahwa semua negosiasi telah gagal,” kata Woodley kepada wartawan
seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2010).
“Perusahaan ini (BA) tidak ingin
bernegosiasi, perusahaan ini hanya ingin berperang dengan anggota-anggota
saya,” imbuh Woodley.
Total 1.100 penerbangan BA dari
sekitar 1.950 penerbangan yang dijadwalkan selama aksi mogok ini akan
dibatalkan.
BA bertekad untuk tetap menerbangkan
setidaknya 60 persen penumpang dengan mengandalkan para staf yang tidak ikut
mogok. BA juga akan menggunakan 22 pesawat dengan pilot dan kru dari delapan
maskapai Eropa lainnya. (sumber: detik.com)
Permasalahan atau konflik yang
terjadi antara karyawan atau karyawan dengan atasan yang terjadi karena masalah
komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan system yang terstruktur.
Karena jika masalah komunikasi antara atasan dan bawahan terjadi bias-bisa
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok kerja, bahkan demo.
Masalah ini bisa dilakukan dengan
berbagai cara :
- Membentuk suatu system informasi yang terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan membuat papan pengumungan atau pengumuman melalui loudspeaker.
- Buat komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi masalah di lapangan
- Beri pelatihan dalam hal komunikasi kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru bagi setiap individu dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam hal komunikasi.
SUMBER:
- http://news.detik.com/read/2010/03/20/164521/1321902/10/kru-british-airways-mogok-3-hari-1100-penerbangan-akan-dibatalkan
- http://chalouiss.blogspot.com/2011/12/pengertian-tujuan-bentuk-dan-unsur.html
- http://sofiaribowo.wordpress.com/2013/06/22/pengertian-jenis-dan-proses-komunikasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar