Rabu, 27 Februari 2013

Sejarah, Penjelasan, dan Contoh Software yang Terkenal

Teori pertama tentang Software Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem [3] Istilah “Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958.. [4 ] bahasa sehari-hari, istilah ini sering digunakan untuk berarti Software aplikasi. Dalam ilmu komputer dan rekayasa Software, Software adalah semua informasi diproses oleh program sistem komputer, dan data. [4] bidang akademik mempelajari Software yang ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak.

Sejarah Software komputer yang paling sering ditelusuri kembali ke bug Software komputer pertama pada tahun 1946 [rujukan?]. Sebagai program semakin banyak memasuki bidang firmware, dan perangkat keras itu sendiri menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih cepat seperti yang diperkirakan oleh hukum Moore, elemen komputasi pertama dianggap Software, bergabung dengan barisan hardware. Sebagian besar perangkat keras perusahaan ini memiliki programer Software lebih lanjut tentang gaji dari desainer hardware [rujukan?], karena Software memiliki banyak tugas otomatis insinyur papan sirkuit tercetak. Sama seperti industri Otomatis, industri Software telah berkembang dari beberapa visioner beroperasi dari garasi mereka dengan prototipe. Steve Jobs dan Bill Gates adalah Henry Ford dan Louis Chevrolet kali mereka [rujukan?], Yang memanfaatkan ide-ide sudah biasa dikenal sebelum mereka mulai dalam bisnis. Dalam hal pengembangan Software, saat ini umumnya setuju untuk publikasi pada tahun 1980 dari spesifikasi untuk IBM Personal Computer diterbitkan oleh karyawan IBM Philip Don Estridge. Hari ini pindah akan dianggap sebagai jenis orang-sourcing.
            Sampai saat itu, Software telah dibundel dengan hardware oleh produsen peralatan Original (OEM) seperti Data General, Digital Equipment dan IBM [rujukan?]. Ketika seorang pelanggan membeli sebuah komputer mini, pada saat itu komputer terkecil di pasaran, komputer tidak datang dengan software pra-instal, tetapi harus diinstal oleh insinyur dipekerjakan oleh OEM. Perusahaan hardware komputer tidak hanya paket Software mereka, mereka juga ditempatkan tuntutan pada lokasi hardware di ruang berpendingin disebut ruang komputer. Sebagian besar perusahaan Software komputer mereka pada buku-buku untuk 0 dolar, tidak dapat mengklaim sebagai aset (ini mirip dengan pembiayaan musik populer pada masa itu). Ketika Data General memperkenalkan Data General Nova, sebuah perusahaan bernama Digidyne ingin menggunakan sistem RDOS operasinya pada clone hardware sendiri. Data General menolak untuk lisensi Software komputer mereka (yang sulit untuk dilakukan, karena itu pada buku-buku sebagai aset gratis), dan mengklaim mereka “hak bundling”. Mahkamah Agung preseden yang disebut Digidyne v. Data General pada tahun 1985. Mahkamah Agung membolehkan berdiri sirkuit keputusan 9, dan Data General akhirnya dipaksa lisensi Software Sistem Operasi karena memutuskan bahwa membatasi lisensi untuk hardware DG hanya merupakan pengaturan ikatan ilegal [5]. Segera setelah itu, IBM ‘diterbitkan’ nya DOS sumber bebas, dan Microsoft dilahirkan. Tidak dapat mempertahankan kerugian dari biaya pengacara,  
Data General berakhir dengan diambil alih oleh EMC Corporation. Keputusan Mahkamah Agung memungkinkan untuk Software nilai, dan juga membeli paten Software. Langkah oleh IBM adalah hampir protes pada saat itu. Beberapa di industri percaya bahwa setiap orang akan keuntungan dari itu selain IBM (melalui publisitas gratis). Microsoft dan Apple mampu sehingga uang tunai di ‘lembut’ produk. Sulit membayangkan hari ini bahwa orang pernah merasa Software komputer yang tidak berharga tanpa mesin. Ada banyak perusahaan-perusahaan sukses sekarang ini yang menjual produk-produk Software komputer saja, meskipun masih banyak masalah lisensi Software komputer umum karena kompleksitas desain dan dokumentasi yang buruk, yang menyebabkan troll paten.

Dengan spesifikasi Software yang terbuka dan kemungkinan lisensi Software komputer, peluang baru muncul untuk Software komputer yang kemudian menjadi standar de facto, seperti DOS untuk sistem operasi, tetapi juga berbagai program pengolah kata dan spreadsheet proprietary. Dalam pola pertumbuhan yang sama, metode pengembangan kepemilikan menjadi standar metodologi pengembangan Software.
Dalam memudahkan pengertain anda Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat dimengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannyaTeknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
Berikut klasifikasi perangkat lunak nya ni bray :D
Perangkat lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa Pemrograman: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur&algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.
2. System Operasi: saat computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh system operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3. Utility: system operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan r
usak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), contoh utility adalah Norton utility
Perangkat lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1. Assembler(perakit): merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang
ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan bahasa simbolik, masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek (object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar keslahan-kesalahan sintaks (jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin, tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
·         Mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam cpu.
·         Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan
·         Mengetahui fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.
Untuk mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi (high level language), misalnya basic, fortran, pascal c, dsb. Program yang di tulis dengan bahasa tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di mengerti oleh komputer. Penerjemah ini dapat berupa kompilator atau interpreter.
2. Compiler: menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. Contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal, c, dan masih banyak lagi.
3. Interpreter: menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah:basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Perangkat lunak aplikasi
Sistem operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer. Program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu di sebut program aplikasi atau program paket. Ada dua cara untuk bisa mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputertetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Contoh-contoh Software yang terkenal beserta sedikit penjelasannya
1. Adobe
Berasal dari kata “Adobe Creek” yang diambil dari nama sungai di belakang rumah pendirinya yaitu John Warnock.
2. Apache
Nama ini berasal saat pendirinya menerapkan patch ke kode program yang ditulis untuk http daemon NCSA dan hasilnya adalah “A PAtCHy” server dan selanjutnya menjadi apache server.
3. Apple Computers
Nama ini diciptakan saat steve saat itu sedang makan apple dan diberikanlah nama perusahaan itu Apple Computer, ini dikarenakan karena belum ada staff satupun yang bisa memberikan nama perusahaannya maka dia pun memberikan nama perusahaannya terserah dia
4. Corel
Nama ini berasal dari nama penemunya yaitu Dr. Michael Cowpland.
Corel sendiri singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
5. Delphi
Nama ini berasal dari nama suatu kota di masa Yunani kuno.
6. Fedora
Nama ini diambil dari jenis topi (fedora) yang dipakai oleh pria di logo Red Hat.
7. FreeBSD
Nama ini berasal dari akronim untuk Berkeley Software Distribution.
FreeBSD adalah saudara dari distro BSD.
8. Firewall
Nama ini berasal dari nama tembok yang digunakan oleh pasukan bomba untuk menghalang api agar tidak meyebar.
9. Google
Nama ini berasal dari lelucon tentang banyaknya informasi yang bisa dicari oleh search engine.
Istilah yang dimaksud adalah ‘Googola’, yang berarti bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol. Penemunya yaitu Sergey Brin dan Larry Page saat itu sedang memberikan presentasi proyek ini ke investor, mereka kemudian berhasil mendapatkan dana dalam bentuk check yang ditujukan kepada ‘Google’.
10. GNU
Nama ini berasal dari nama species antelope Afrika dan juga karena nama ini cocok untuk singkatan rekursif ‘GNU’s Not Unix’.
11. Hotmail
Nama ini berasal saat Jack Smith mendapatkan ide agar semua orang bisa mengakses email melalui web dari komputer mana pun di belahan dunia.
Kemudian Sabeer Bhatia membuat business plan yang bergerak dalam bidang mail service dan dia mencoba memberi nama bisnisnya dengan akhiran ‘mail’ di belakangnya dan didapatlah nama hotmail yang idenya berasal dari bahasa pemrograman web ‘HTML’ (HoTMaiL).
12. Internet
Nama ini berasal dari singkatan Inter-networking yang artinya jaringan Internasional.
13. Intel
Nama ini berasal dari singkatan INTegrated ELectronics (INTEL).
14. Java
Nama ini berasal dari nama kopi yang banyak diminum oleh programmer yaitu Java.
15. Microsoft
Nama ini berasal dari singkatan MICROcomputer SOFTware.
16. Mozilla
Nama ini berasal dari singkatan Mozaic-Killer, Godzilla (Mozilla).
17. Pascal
Nama ini berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
18. SUN
Nama ini berasal dari singkatan Stanford University Network karena ditemukan oleh 4 orang mahasiswa dari Stanford University.
19. Ubuntu
Nama ini berasal dari sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ’saya dibentuk oleh kita semua’.
20. Yahoo
Nama ini ditemukan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya yang berjudul “Gulliver’s Travels” yang artinya adalah orang yang berpenampilan menjijikkan dan bertindak tidak seperti manusia 

sumber   : http://vinodicky104.blogspot.com/2013/01/sejarah-penjelasan-dan-contoh-software.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar